Pemkab Serang Diminta Segera Serahkan Aset ke Kota Serang

BY

Serang, Liputanbanten.co.id – Aset Pemerintah Kota (Pemkot) Serang yang saat ini masih ditempati oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang menjadi sorotan serius dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Serang Budi Rustandi.

Menurutnya, aset tersebut seharusnya sudah sewajarnya dimiliki oleh Pemkot Serang. Karena, batasan penyerahan aset tersebut dari mulai terpisahnya Kota Serang dengan Kabupaten Serang hanyalah 5 tahun. Namun hingga saat ini Pemkab enggan menyerahkannya.

Maka, atas dasar itu pihaknya akan mengambil langkah tegas untuk merebut aset tersebut menjadi milik Pemkot Serang sepenuhnya. Langkah pertama yang ia ambil adalah, akan meminta Pemkot Serang untuk mengusulkan pembentukan Panitia Khusus (Panus) pengembalian aset kepada DPRD. Nanti, pihaknya akan menindaklanjuti usulan tersebut.

Setelah Pansus terbentuk nanti pihaknya akan mengambil langkah konkrit apabila Pemkab Serang tidak mampu mengembalikan aset tersebut. maka, Pemkab Serang harus menyiapkan anggaran untuk pembayaran sewa kepada Pemkot Serang. Apabila hal itu tidak dilakukan pihaknya akan mengambil paksa aset tersebut.

“Kalau Pemkab tidak mampu mengembalikan aset maka ia harus bayar sewa biar ada kejelasan kepada kami (Pemkot-red). Jika tidak mampu membayar maka kami akan paksa untuk mengembalikan,” kata Ketua DPRD Kota Serang Budi Rustandi, Kota Serang, Selasa (15/10/2019).

Selain itu, Budi juga menyinggung mengenai piutang pembayaran retribusi sampah yang sampai saat ini belum dilunasi oleh Pemkab Serang senilai Rp. 180 juta rupiah. “Udah numpang tempat, ngutang retribusi sampah lagi,” ujarnya.

Kemudian, kata Budi, masalah pembayaran retribusi tersebut juga menjadi hal urgen yang mesti diselesaikan dengan segera. Karena, Pemkot Serang saat ini masih membutuhkan anggaran banyak untuk melakukan pembangunan.

“Dana transfer kita tinggi ketergantungannya ke pusat dan saya berharap kepada Bupatinya agar lebih memikirkan masyarakat Kota Serang juga,” tandasnya.(Lb/Ar/Red)

Hubungi Kami


Statistik Kunjungan


Kontak Kami